Sabtu, 21 Januari 2012

Mempercantik Tampilan Rumah dengan 'Vertical Garden'

Pada masa sekarang, Vertical garden masih belum familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Jauh sebelum dikenal di Indonesia, masyarakat dari negara-negara yang memiliki lahan terbatas sudah memanfaatkan solusi ini, contohnya di Jepang. Pemerintah Singapura menunjukkan dukungan dengan memberikan inisiatif kepada masyarakat atau bangunan untuk menggunakan vertical garden. Di negara-negara yang lahannya mahal, vertical garden bukan menjadi sebuah pilihan lagi tapi sebuah keharusan.

Masyarakat di Indonesia dapat menggunakan solusi ini untuk menghadirkan nuansa segar dan hijau di rumah sendiri. Cara ini juga dapat membantu menghasilkan udara segar di antara pekatnya polusi kota.  

Contoh Vertical Garden
Vertical garden adalah suatu bentuk cara penanaman dengan menggunakan arah vertikal.
Pada prinsipnya sistem penanaman pada vertical garden  tidak berbeda dengan sistem penanaman hidroponik pada umumnya. Asalkan semua kebutuhan tanaman terpenuhi, maka tanaman akan tumbuh secara optimal.

Mungkin kita pernah terheran-heran dengan sistem penanaman hidroponik, di mana tanaman bisa tumbuh dengan sangat subur tanpa menggunakan media tanah sama sekali.

Rahasianya, unsur hara tanaman (pupuk) disuplai dengan melalui penyiraman tanaman. Akar tanaman menancap pada berbagai jenis media tanam yang digunakan. Di mana media tersebut hanya berfungsi sebagai alat untuk berpegangan akar tanaman sehingga bisa menopang tubuh tanaman.

Semua kebutuhan nutrisi tanaman disuplai melalui penyiraman tanaman. Berbagai bahan bisa digunakan sebagai media untuk tempat akar mencengkeram dan menopang tubuh tanaman.
Media tanamnya juga tidak terlalu banyak dan anda dapat dengan mudah mengganti tanaman dengan tanaman lain jika sudah bosan.

Penerapan cara ini masih sangat sulit dilakukan jika anda ingin membuatnya secara mandiri. Penanaman ini biasanya dapat dipesan dan harganya rata-rata cukup mahal, sekitar Rp 1 juta/m2, sehingga kita harus merogoh kocek lebih dalam bila anda ingin memilih cara ini untuk menghias rumah.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.