Jumat, 09 Maret 2012

Cumi Kolosal Misteri Raksasa Bawah Laut

Bumi adalah planet yang di kelilingi oleh lautan, hampir dua pertiga bagian bumi adalah lautan dan hanya sepertiganya saja daratan. Banyak hal yang belum kita ketahui tentang lautan bahkan makhluk yang hidup di dasar laut masih menjadi tanda tanya besar bagi kita.


Salah satunya yaitu Cumi Kolosal, Apabila kita mengira Cumi raksasa sudah memiliki ukuran yang luar biasa maka perkenalkan makhluk yang satu ini, Colossal Squid atau Cumi kolosal.

Makhluk ini memiliki nama latin Mesonychoteuthis hamiltoni dan para ilmuwan percaya kalau makhluk ini bisa bertumbuh hingga paling tidak memiliki panjang 14 meter atau hingga mencapai 46 kaki. Ini membuatnya menjadi hewan invertebrata terpanjang di dunia. Faktanya mata hewan laut tersebut berukuran sebesar piring makan. Ini menjadi mata terbesar yang pernah ditemukan sebelumnya. Para ilmuwan meyakini hewan agresif ini mampu menyelam hingga kedalaman 6500 kaki. Walaupun demikian, para ilmuwan tidak bisa memastikan hingga seberapa panjang hewan ini bisa bertumbuh.



Mengenai Colossal Squid, Dr.Steve O'Shea, ahli cumi dari Auckland University berkata:
"Sekarang kita tahu kalau makhluk ini memiliki ukuran yang lebih besar dibanding Giant Squid. Giant Squid bukan lagi cumi terbesar di luar sana. Sekarang kita memiliki sesuatu yang lebih besar. Bahkan bukan cuma sekedar besar, tetapi benar-benar jauh lebih besar."


Colossal Squid di foto di atas ditangkap di Laut Ross dan memiliki panjang mantel 2,5 meter. Ukuran ini termasuk luar biasa karena Giant Squid terbesar yang diketahui hanya memiliki panjang mantel 2,25 meter. Lagipula, Colossal Squid di atas dipercaya masih dapat bertambah panjang hingga mencapai ukuran yang jauh lebih besar.

Teringat dengan legenda Kraken yaitu monster laut yang legendaris yang pernah terlihat di pesisir Norwegia dan iceland. Bedasarkan laporan dari pelaut, kraken adalah mahluk yang memiliki ukuran yang luar biasa yang bisa saja menyerang kapal. Dengan menjerat badan kapal dengan tentakelnya. Mungkin saat ini kraken disebut sebagai gurita raksasa. Legenda kraken bersumber dari laporan pelaut perancis dimana kapalnya diserang ketika kapal mereka sedang bertolak dari pesisir angola.


Bisa diduga penyebabnya adalah cumi kolosal. Masih banyak sekali tanda tanya mengenai cumi kolosal ini. Mungkin untuk suatu hari nanti kita bisa melihat hewan raksasa ini dengan mata kepala kita sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.